en id

Pengukuran CSI & LoS 2015 di Bandara Frans Kaisiepo-Biak

23 Apr 2015

kembali ke list


Biak, 22 April 2015 Tim CSI dari INACA (Indonesian National Air Carrier Association) dan PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Pusat hari ini melaksanakan Entry Meeting dan Focus Group Discussion (FGD). Entry meeting yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIT di ruang rapat PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Frans Kaisiepo Biak dihadiri oleh Tim Pengukuran CSI & LoS 2015 dan Para Pejabat dan Karyawan yang terlibat dalam pengukuran CSI dan LoS di Biak. Selanjutnya adalah pelaksanaan FGD atau Focus Group Discussion yang dilaksanakan pada pukul 14.00 WIT dihadiri oleh Tim Pengukuran CSI & LoS 2015, Pejabat dan karyawan PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Frans Kaisiepo Biak, dan Para Mitra Usaha dari Airlines, Ground Handling, dan Konsesioner di Bandara Frans Kaisiepo Biak. Meeting ini dibuka oleh General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Frans kaisiepo Biak, dan dipandu oleh Bambang Narayana selaku tim pengukuran CSI & LoS dari INACA.
CSI yakni Customer Satisfaction Index adalah tingkat kepuasan pelanggan yang menggambarkan tingkat kepuasan pengguna jasa Bandar udara. Sedangkan LoS yakni Level of Service adalah tingkat pelayanan yang harus mampu dilaksanakan oleh pengelola Bandar udara dalam mencapai target CSI tersebut.
Sebelumnya telah dilaksanakan survey CSI kepada para pengguna jasa bandara yakni penumpang pesawat udara yang ditargetkan kepada 500 orang penumpang dan para mitra usaha di Bandar udara frans kaisiepo Biak. Survey Kuesioner dilaksanakan sejak pukul 04.00 WIT pagi hingga siang hari pada puncak penerbangan terakhir di Biak. Selama pelaksanaan survey CSI ini terlihat sekilas gambaran yang cukup fluktuatif, banyak faktor yang menyebabkan hal ini, diantaranya adalah usia dan tingkat seringnya menggunakan pesawat udara. Sehingga tingkat kepuasan pelanggan menjadi dinamis.
Selain dengan Kuesioner, pengukuran CSI dan LoS ini dilaksanakan dengan peninjauan langsung ke terminal airport dan fasilitas-fasilitas pendukung & operasional Bandara Frans kaisiepo Biak.
CSI dan LoS ini dapat menggambarkan bagaimana pengelolaan bandara, yang ternyata masih jauh dari kata sempurna. Pelayanan adalah harga mati dalam mengelola suatu bandara, "dengan pelayanan kita mendapat pelanggan yang loyal" tegas Bambang Narayana selaku tim pengukuran CSI & LoS tahun dari INACA dalam rapat entry meeting CSI & LoS tahun 2015 ini. [humasBIK]

TIPS KEBERANGKATAN

  • ikuti petunjuk “Kedatangan” dan "Pengambilan Bagasi"
  • Periksa Layar informasi di Conveyer Belt sesuai penerbangan Anda
  • Apabila kehilangan bagasi, Anda dapat menghubungi staf maskapai di konter Lost and Found
  • Tersedia fasilitas trolley di area pengambilan bagasi.
  • Bila diperlukan, Anda dapat menggunakan jasa porter untuk membantu membawa barang bawaan