en id

FRANS KAISIEPO BANDARA BERBASIS IT

20 Jun 2017

kembali ke list


Biak - Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi memacu masyarakat dunia untuk selalu siap mengikuti perkembangan teknologi. Kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia pun saat ini sangat dipermudah dengan adanya teknologi yang menghubungkan seseorang dengan dunia tanpa batasan jarak dan waktu yang kita kenal dengan Information Technologi (IT), segala informasi sudah dapat diakses dalam genggaman tangan. Bandara Frans Kaisiepo Biak sudah menerapkan sistem berbasis applikasi yang dapat mudah diakses kapan saja dan dimana saja, para pengguna Jasa kebandarudaraan pun dimanjakan dengan fasilitas IT yang dapat diakses dengan bebas oleh publik.

Dalam hal kordinasi dan pelaporan yang menyangkut teknologi alat keselamatan penerbangan dan sistem informasi, Bandar Udara Frans Kaisiepo-Biak telah menggunakan sistem applikasi android Service Desk Plus (SDP). Seluruh Pegawai PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Biak telah mengaplikasikan penggunaan SDP ini, sehingga secara kordinasi internal dan pelaporan kepada pihak Information Communication and Technology Section tidak perlu lagi dilakukan secara tersurat, cukup dengan masuk applikasi SDP Pegawai dapat langsung melaporkan dan hanya dalam hitungan menit ICT Section Bandara Frans Kaisiepo Biak akan langsung menindaklanjuti pelaporan tersebut. Menurut ICT Section Head Bandara Frans Kaisiepo Biak Yonathan Pah "Meskipun termasuk dalam kategori Bandara Kecil, namun kita harus berkembang dalam sisi teknologi dan mampu bersaing dengan teknologi Bandara-bandara besar di Dunia, saat ini kita (ICT Frans Kaisiepo-Biak) pun sedang mengembangkan sistem aplikasi smartphone untuk E-log, jadi setiap aktivitas petugas yang melakukan pengawasan tidak perlu mencatat secara manual lagi dalam Log Book, bahkan General Manager maupun Manager Operasional bisa memantau aktivitas petugas dan perkembangan dilingkungan Bandara secara live and update, sehingga jalur birokrasi internal Kantor lebih cepat dan tidak perlu lagi bersurat Nota Dinas yang memakan waktu lama dan hal tersebut adalah langkah menuju sistem administrasi Paperless Go green karena jauh mengurangi Penggunaan Kertas ".

Dalam pelayanan di terminal Bandara sendiri, Bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak menyediakan WiFi Gratis Berkecepatan 20-25MBps sehinngga pengunjung sangat dimanjakan dan tidak akan bosan selama di Bandara, kemudian Bandara Frans Kaisiepo-Biak telah menyediakan banyak TV Media yang digunakan untuk media commercial dan media promosi grafis. TV Media di area terminal Bandara pun memudahkan pengunjung menangkap Informasi mengenai penerbangan dan Wisata di Kepulauan Biak sendiri. Tidak hanya itu saja dalam Survey Kepuasan Pelanggan atau Custumer Satisfaction Index (CSI) pada bulan maret  tahun 2017 lalu pun Bandara Frans Kaisiepo telah menggunakan Aplikasi smartphone yang terdapat dalam Tablet yang disediakan oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Franskaisiepo Biak. Survey berbasis IT ini tentu sangat memudahkan pengguna Jasa Kebandarudaraan dalam memberikan masukan dan penilaian bandara, serta survey tersebut tidak menyita waktu mereka karena hanya tinggal menekan menu pilihan dalam Tablet yang disediakan di beberapa tempat. “Dalam jangka waktu beberapa bulan  kita akan beralih ke sistem elektronik paperless yang mudah cepat namun akurat dan aman dalam bekerja, sehingga akan membuat kinerja pegawai semakin lebih efektif dan efisien” ujar General Manager Bandar Udara Frans Kaisiepo Biak Minggus E.T. Gandeguai.

TIPS DEPARTURE

  • follow the "Arrival" and "Baggage Claim"
  • Check the information screen on the Conveyor Belt to your flight
  • If the lost luggage, you can contact the staff at the airline counter Lost and Found
  • Available facilities trolley in the baggage claim area.
  • If needed, you can use the services of a porter to help carry luggage