en id

ASOSIASI TOILET INDONESIA (ATI) SURVEY KEBERSIHAN TOILET BANDARA FRANS KAISIEPO BIAK

26 Aug 2017

kembali ke list


Biak- Pelayanan  yang baik dari Pengelola Bandar Udara  dapat menciptakan kenyamanan bagi pengguna jasa Bandar Udara. Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara yang dipercaya mengelola Bandar Udara, PT. Angkasa Pura I (Persero) wajib memberikan pelayanan yang mampu membuat para pengguna jasa Bandar Udara betah berlama-lama di Bandara. Salah satu indikator penting dalam menciptakan kenyamanan adalah kebersihan toilet bandara.

Toilet yang bersih dan sehat merupakan hak semua orang, karena di dalam toilet terdapat jutaan bakteri yang berisiko menyebabkan penyakit. Banyaknya pengguna jasa bandar udara yang menggunakan toilet setiap menitnya menyebabkan bakteri dan virus menyebar dan berkembang biak lebih cepat daripada di tempat umum lainnya, sehingga PT. Angkasa Pura I (Persero) berkomitmen untuk selalu menjaga kebersihan serta menciptakan lingkungan toilet yang sehat. Salah satu langkah konkret PT. Angkasa Pura I (Persero) guna mewujudkan toilet yang bersih dan sehat adalah bekerjasama dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) untuk melakukan evaluasi kebersihan toilet di seluruh Bandara Kantor Cabang PT. Angkasa Pura I (Persero). Evaluasi kebersihan dan kesehatan toilet sangatlah penting sebagai masukan dan sebagai dasar improvement pelayanan di Bandara.

Pada tanggal 25 Agustus 2017 lalu ATI melakukan survey dan evaluasi terhadap kebersihan dan kesehatan Toilet Bandara Frans Kaisiepo Biak. Sebagai Bandara paling timur Indonesia yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura I (Persero), Bandara Frans Kaisiepo Biak ternyata memiliki toilet yang bersih, hal tersebut disampaikan oleh Siti Adiningsing Adiwoso sebagai tim Penilai dari ATI, namun terdapat beberapa catatan yang perlu diperhatikan terkait layout toilet terbaru yang berubah karena renovasi total terminal Bandara Frans Kaisiepo  Biak. ATI dalam hal ini Siti Adiningsing Adiwoso sebagai wakil dari ATI sangat berharap dengan berubahnya tampilan toilet Bandara yang direncanakan selesai akhir tahun 2017 mampu menciptakan suasana toilet yang lebih bersih dan sehat sehingga para pengguna jasa Bandara betah berlama-lama berada di toilet, terutama wanita yang terbukti lebih lama beraktifitas di Toilet ketimbang Pria.

Kebersihan toilet Bandara Frans Kaisiepo Biak yang baik dibuktikan pula dengan hasil survey Customer Satisfaction Index yang mencapai nilai 4.3 padahal target awalnya hanya 3.9. Para pengguna Jasa Bandar Udara pun dapat memberikan penilaian dengan sangat mudah, karena unit Information Communication and Technology Bandara Frans Kaisiepo Biak telah menciptakan applikasi dan menyediakan tablet penilaian di depan pintu toilet yang terhubung dengan koneksi internet dan data langsung tersimpan dalam server. 

TIPS DEPARTURE

  • follow the "Arrival" and "Baggage Claim"
  • Check the information screen on the Conveyor Belt to your flight
  • If the lost luggage, you can contact the staff at the airline counter Lost and Found
  • Available facilities trolley in the baggage claim area.
  • If needed, you can use the services of a porter to help carry luggage